Luhut: Anies Harus Mencabut Moratorium Reklamasi, Anies-Sandi: Kami Tidak Akan Lanjutkan!

THIS ADS by GOOGLE
Hasil gambar untuk luhut

Berita Bener - Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengakui, sudah mencabut penghentian sementara (moratorium) pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Dia meminta semua pihak untuk menerima keputusan tersebut.

"Nggak ada (komentar), sudah saya teken kemarin. Ya udah itulah (reklamasi tetap dilanjutkan)," kata Luhut di Medan, Jumat (6/10).

Luhut pun menegaskan, Pemprov DKI Jakarta harus menerima keputusan pencabutan moratorium itu. "Haruslah. Kalau dia (Anies Baswedan, gubernur DKI Jakarta terpilih) tidak mau, kan banyak yang mau," kata Luhut.

Luhut mengatakan, pencabutan moratorium itu sudah melalui kajian. Bukan hanya ahli dari ITB, kajian itu, lanjutnya, juga dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beserta semua kementerian terkait.

"Nggak ada negosiasi. Semua itu ketuanya Pak Ridwan, ketua Alumni ITB, yang membuat kajian itu. Ada (ahli dari) Jepang, ada Korea, ada Belanda. Jadi mau apa lagi?" ujar dia.

Anies-Sandi Tetap Tolak Kelanjutan Reklamasi Jakarta

Hasil gambar untuk anies sandi

Tim Sinkronisasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyatakan tak berubah sikap terkait reklamasi Teluk Jakarta. Sampai saat ini, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih itu tetap menolak atau tidak akan melanjutkan reklamasi.

Edriana mengatakan, usai dilantik pasangan pemenang Pilkada DKI ini akan menyatakan sikapnya ke publik yang dalam masa kampanye menyatakan menolak reklamasi. Rekomendasi final dari Tim Sinkronisasi, kata dia, tetap tidak melanjutkan pengurugan di pesisir utara Jakarta itu.

"Kita tunggu sebentara lagi Insya Allah Anies-Sandi akan dilantik, nanti mereka akan menyatakan sikap resmi yang sampai saat ini belum berubah (menolak reklaslmasi)," kata Anggota Tim Sinkronisasi Edriana Noerdin saat dikonfirmasi, Jumat (6/10).

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati telah menerima surat pemberitahuan pencabutan penghentian sementara (moratorium) reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta. Pencabutan moratorium itu ditandatangani Menteri Koordinator Kemaritiman Luhit Binsar Pandjaitan pada Kamis (5/10) malam.

"(Pencabutan) moratorium dari Pak Menko Maritim (Luhut) Alhamdulillah sudah ditandatangani tanggal 5 Oktober malam. Untuk semua 17 pulau," kata Tuty.

Sumber 1 2

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

THIS ADS by GOOGLE

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Luhut: Anies Harus Mencabut Moratorium Reklamasi, Anies-Sandi: Kami Tidak Akan Lanjutkan!"

Post a Comment